Rabu, 23 Februari 2011

Sang Pemburu Sarang Burung Walet




Ketika saya sedang melihat-lihat acara televisi yang isianya hanya sinetron yang tidak bermutu, akhirnya saya menemukan 1 acara dimana menurut saya bagus dan sungguh menambah pengetahuan saya. Sang Pemburu, itulah judulnya nah untuk itu saya akan mengupas tuntas tentang sarang burung walet.
Pernah dengar Sarang Burung Walet tidak? yah, betul sarang burung walet adalah air liur burung walet yang kering yang bisa di olah menjadi makanan yang mempunyai sejuta manfaat untuk tubuh. Pernah waktu dulu saya kira sarang burung walet itu berupa apa gitu, tapi ternyata dari air liur. kata orang sarang burung walet atau apodidae memiliki sekitar 30 spesies. Walet pun mempunyai beberapa sayap yang menyempit dan runcing, serta ekor yang panjang, sehingga burung ini bisa menempel dan bergantung di dinding-dinding goa. Sarang burung walet ini mengandung protein, mineral dan juga sumber asam amino yang lengkap sehingga sarang burung walet sangat terkenal di mana-mana.
Harga jual yang tinggi membuat para pemburu sarang burung walet pun senang, bagaimana tidak senang bayangkan saja kalau harga jual sarang walet bisa mencapai 12 juta-20 juta/kg. tetapi, proses mendapatkannya sangatlah susah, apalagi harus dengan tekat yang besar, diikuti dengan taruhan nyawa. Sarang walet yang kebanyakana di dalam goa-goa yang di dekat laut lepas dan di tebing-tebing yang sangat curam inilah yang membuat sang Pemburu harus bertaruh nyawa untuk bisa menghidupi keluarga mereka. Bermodal bambu, tali tambang, senter dan alat-alat sederhana lainnya. tidak terbayang jika para pemburu, memburu sarang burung walet ketika cuaca sedang tidak bersahabat, sudah jalan licin, gelap, dan air laut pasang, sungguh tidak bisa saya bayangkan seberapa besar jasa para pemburu ini.
ini saya beri manfaat sarang burung walet bagi kesehatan :
Sarang walet itu berfungsi sebagai food supplement, Asupan sarang walet akan menstimulus kinerja organ-organ tubuh lebih baik. Kekebalan tubuh meningkat dan penyakit menyingkir, tutur spesialis kanker dari Sekolah Kedokteran Tradisional di Propinsi Henan, Cina. Jadi selain itu juga sarang burung walet mengandung protein yang berbentuk glikoprotein yang merupakan komponen terbesar selain karbohidrat, lemak, dan air. Jumlahnya mencapai 50 persen. Di tubuh, protein berperan sebagai zat pembangunan. Ia membentuk sel-sel dan jaringan baru serta berperan aktif selama metabolisme protein asal hewan diakui lebih gizi lantaran punya ikatan senyawa lebih kompleks dari pada protein nabati.

0 komentar:

Posting Komentar